Inilah Dosa yang Akan Terus Mengalir Sampai Mati


Selama ini kita mengenal dua hal penting dalam hidup umat muslim didunia yaitu pahala dan dosa. Pahala merupakan kebaikan yang dilakukan dengan penuh keikhlasan. Sedangkan dosa adalah keburukan yang dilakukan dengan kebencian.
Kedua hal ini memang sebanding. Namun, keduanya bisa menentukan seorang umat muslim ke mana ia akan pergi saat hari kiamat datang. Ke surga kah atau ke neraka .

Antara pahala dan dosa, kami lebih tertarik untuk membahas dosa pada tulisan kali ini. Dosa sering kali dilakukan oleh banyak orang baik disadari atau pun tidak.

Kamu harus hati-hati dengan dosa, karena ada tiga dosa yang dikatakan akan terus mengalir meskipun kamu sudah meninggal dan tidak dimungkinkan lagi untuk berbuat dosa.

Pasti rugi sekali bukan, jika kamu sudah tidak bisa berbuat dosa, namun dosa kamu terus mengalir. Padahal kamu sendiri sudah keberatan dengan dosa yang kamu tampung selain dosa itu.

Untuk itu, kamu perlu tahu ini ada tiga dosa yang akan terus mengalir meskipun kamu sudah tiada di dunia ini. Seperti dilansir akhwatshalihah.com, inilah dia ke tiga dosanya.

1. Mendorong dan menjadi pelopor perbuatan maksiat

Menjadi pelopor perbuatan maksiat adalah dosa yang akan terus mengalir meskipun pelakunya sudah meninggal dunia.  Contohnya saja adalah tayangan televis yang menampilkan sebuah kisah anak muda yang berpacaran dengan masra sebelum menikah .

Tayangan ini bisa saja membuat seseorang berpikir jika itu sah-sah saja untuk dilakukan sehingga ia pun mencontohnya di kehidupannya. Lalu, perbuatannya itu dicontoh lagi oleh orang lain yang melihatnya. Maka inilah yang dinamakan dengan dosa yang tidak akan pernah putus sampai tiada satu pun yang melakukannya lagi di dunia. Naudzubillah …

“Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam Islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu, dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka.” (HR. Muslim).

2. Mengajak melakukan hal yang sesat dan kemaksiatan

“Siapa yang mengajak kepada kesesatan, dia mendapatkan dosa, seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak dikurangi sedikitpun.” (HR. Ahmad 9398, Muslim 6980, dan yang lainnya)

Dalam hadits tersebut dikatakan jika seseorang yang mengajak orang lain untuk berbuat maksiat dan meninggalkan keimanannya, maka ia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya. Bahkan tidak akan dikurangi sedikit pun.

3. Mendorong tradisi buruk yang keluar dari syari’at Islam

Dosa yang ketiga adalah  mendukung tradisi buruk yang sebenarnya sudah keluar dari syari’at islam. Kamu tahu bukan saat ini banyak tradisi-tradisi aneh dalam kehidupan masyarakat yang sering dilakukan karena dikatakan sudah menjadi kebiasaan, atau yang lainnya. Jika tradisi buruk ini terus dilakukan, maka dosa yang mendukung atau mendorong tradisi ini akan mendapatkan dosa sama seperti pelakunya.

Itulah dia ke tiga dosa yang akan terus mengalir meskipun kamu sudah meninggal dunia. Kita sebagai umat muslim harus tahu agar tidak menjadi orang yang merugi di hari kelak.

sumber : anehjuga.com

0 Response to "Inilah Dosa yang Akan Terus Mengalir Sampai Mati"

Post a Comment