Baca dan Sebarkan Agar Anda Senantiasa Mendapatkan Pahala Yang Terus Mengalir : INILAH 7 AMALAN YANG PAHALANYA TERUS MENGALIR


Amal Jariyah merupakan sebutan untuk amalan terus mengalir pahalanya, meskipun orang yg melaksanakan amalan itu telah wafat. Amalan itu terus memproduksi pahala yang akan terus mengalir kepadanya.

Sabda mengenai amal jariyah populer dari Abu Hurairah telah menerangkan bahwasannya Rasulullah SAW telah bersabda, "Apabila anak Adam (manusia) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariah, ilmu yang berman­faat, dan anak saleh yang mendoakannya" (HR. Muslim).

Selain ketiga jenis perbuatan tersebu, ada beberapa macam lagi perbuatan yg tergolong dalam amal jariah.

Di riwayatkan lain, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).

Dari hadis ini telah disebutkan ada tujuh macam amalan  yg tergolong amal jariah adalah sebagai berikut.

1. Menyebarkan ilmu dan pengetahuan bermanfaat, baik itu melalui media pendidikan formal ataupun nonformal, seperti diskusi, ceramah, dakwah, dan masih banyak lagi. Termasuk didalam kategori ini yaitu me­nulis buku yang bermanfaat lalu mempublisnya.

2. Mendidik anak agar menjadi anak yg saleh. Anak yang saleh akan selalu berbuat kebajikan di dunia. Menurut keterangan dari hadis ini, kebaikan yg telah diperbuat oleh si anak saleh ini pahalanya akan sampai kepada orang tua yang telah mendidiknya yg telah wafat dan tanpa mengurangi nilai/pahala yg diterima oleh si anak saleh tadi.

3. Mewariskan mushaf (buku agama) untuk orang-orang yg bisa memanfaatkannya bagi kebaikan diri maupun bagi masyarakatnya.

4. Membangun masjid, Hal ini sejalan dengan sabda Nabi SAW yaitu, ”Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena Allah walau sekecil apa pun, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Bahwasannya orang yang telah membangun masjid itu akan menerima pahala seperti pahala orang yang telah beribadah di mas­jid itu.

5. Membangun rumah ataupun pondokan untuk orang -orang yg bepergian untuk kebaikan. Untuk setiap orang yg memanfaatkannya, baik untuk itu istirahat sebentar atau untuk bermalam serta kegunaan lainnya yang bukan maksiat, maka akan mengalirkannya pahala kepada orang yang telah membangunnya tadi.

6. Mengalirkan air bersih ke tampat -tempat orang bagi yg membutuhkannya maupun menggalikan sumur pada tempat yg sering dilalui ataupun didiami oleh orang banyak. Dan setelah orang yg mengalirkan air itu wafat serta air itu tetap mengalir dan terpelihara dari pencemaran juga dimanfaatkan oleh orang yg hidup, maka ia akan mendapat pahala yg akan terus mengalir.

Semakin banyak orang yg akan memanfaat­kannya maka semakin banyak pula ia menerima pahala di akhiratnya. Seperti Sabda Rasulullah SAW "Barangsiapa membangun sebuah sumur lalu diminum oleh jin atau burung yang kehausan, maka Allah akan mem­berinya pahala kelak di hari kiamat.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah).

7. Menyedekahkan sebagian harta. Sedekah yg telah diberikan secara ikhlas maka akan mendatangkan baginya pahala yg berlipat ganda.

Sebarkan Artikel ini maka Insya Allah Anda akan mendapatkan pahala juga hingga di Akhirat nanti.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua Aminnn.

0 Response to "Baca dan Sebarkan Agar Anda Senantiasa Mendapatkan Pahala Yang Terus Mengalir : INILAH 7 AMALAN YANG PAHALANYA TERUS MENGALIR"

Post a Comment