Wooow, Inilah 10 Toko Buku Paling Keren Didunia


Apa hal pertama yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar kata toko buku?

Jawabannya pasti sebuah toko yg berisi rak-rak besar yg memajang buku dari berbagai penulis. Ya, jawaban lumrah semua orang pasti seperti itu. Hal itu memang tak salah tetapi ada beberapa toko buku yang di desain semenarik mungkin.
Mungkin kebanyakan anak muda zaman sekarang, toko buku bukanlah tujuan utama untuk shopping yang menyenangkan.
Mereka lebih memilih pergi ke pusat perbelanjaan, outlet-outlet yang banyak menjual aksesoris serta pakaian dan bahkan pergi pusat perbelanjaan alat elektronik dan gadget.

10 Toko Buku Paling Keren di Dunia!


Tetapi jika Anda pergi ke beberapa toko buku yang berada di kota besar dunia dijamin gak bakalan merasa bosan dan justru Anda akan merasa malas untuk pulang.
Karena, beberapa toko buku berikut ini memiliki desain nan unik juga menarik.
Tidak hanya itu saja, toko buku paling keren di dunia ini juga menawarkan sensasi yang tidak biasa.

1. Shakespeare and Company, Prancis

Salah satu toko buku paling keren di dunia ini berada di kota Paris, Perancis, yg bernama Shakespearce and Company. Selain terkenal karena romantisnya, paris juga salah satu kota di dunia yang menjadi kiblat fashion dunia. Di kota Paris ini juga terdapat toko-toko fashion dengan brand yang terkenal.

Meski menjadi kota dengan segudang butik yang terkenal, tetapi ada satu tempat yg menyimpan banyak koleksi buku -buku antik. Bagi anda yang pecinta buku tidak ada salahnya jika menjadikan tempat ini sebagai tujuan liburan saat anda ke Paris.

Shakespeare and Company bukanlah toko buku biasa, karena di dalam toko ini sangat banyak terdapat buku-buku dari penulis terkenal, seperti James Joyce, Erza Pound Ernest Hemingway dan masih banyak lagi. Namun jika dilihat dari luar toko ini tidak begitu menarik, hanya sebuah bangunan tua kecil, tetapi begitu masuk ke dalam toko ini anda akan merasa berada didalam dunia buku antik.

Shakespeare and Company disebut juga sebagai toko paling bersejarah di kota Perancis, serta memiliki latar belakang cerita yg sangat inspiratif. Toko ini dibuka pada tahun 1919, oleh Sylvia Beach.
Sebelum seterkenal sekarang ini, toko ini sempat ditutup saat terjadinya invasi militer Jerman ke Paris pada tahun 1940. Setelah itu kemudian 11 tahun berselang toko buku ini dibuka kembali.

Sampai saat ini, Shakespeare and Company masih digunakan sebagai tempat menginap bagi para traveler pencinta buku juga bagi para penulis untuk sekedar mencari inspirasi.
Untuk mencari lokasi toko ini tidak begitu sulit, karena berada di kawasan Paris yang tersohor. Toko buku ini berada di kawasan Left Bank yg amat tersohor.


2. Assouline Venezia, Italia

Assouline Venezia merupakan salah satu toko buku paling keren di dunia yang berada pada lantai dasar sebuah hotel. Hotel ini memang menjadi bagian dari hotel Bauer Hotel, Venezia, Italia. Area yg kini digunakan sebagai toko buku tersebut adalah tempat bersejarah penginggalan abad ke-18.

Toko buku Assouline ini pertama kali dibuka pd tahun 2014, oleh perusahaan penerbit buku Assouline. Desain serta konsep dari toko buku ini memang terkesan mewah dan elegan.
Tempat ini memiliki banyak sekali koleksi buku yang super mahal karangan penulis terkenal, seperti buku Ultimate Collection yang dibanderol dengan harga Rp6.700.000.

Tidak hanya itu saja, toko buku ini juga menjual berbagai buku bergenre lainnya, diantaranya buku travel, arsitektur, fashion, lifestyle dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi toko buku ini datanglah ke daerah S. Marco, Venezia, Italia.


3. El Ateneo, Argentina

El Ateneo merupakan toko buku paling keren di dunia dengan konsep yang tidak biasa. Toko buku ini memiliki desain serta konsep yang berbeda dari toko buku lainnya.
Tempat ini berada di sebuah bangunan bekas gedung teater yang sangat megah. Maka tidak heran jika tempat ini menjadi tempat favorit bagi semua orang.

Bangunan teater ini telah berdiri sejak tahun 1929 masih asli dan terawat. Panggung yg menjadi tempat pementasan teater diubah menjadi area untuk membaca yg nyaman dan asyik.
Lokasi El Ateneo berada di pusat kota Buenos Aires, Argentina. Gedung ini dibuka sebagai toko buku pada awal tahun 2000-an. Maka tidak heran apabila toko buku ini menjadi destinasi favorit para wisatawan yg berkunjung ke Argentina.


4. Livraria Lello, Portugal

Mungkin Anda tak asing lagi dengan toko buku yang satu ini. Yap, Livraria Lello adalah salah satu tempat yg menjadi lokasi syuting film Harry Potter. Didalam film tersebut toko buku ini disulap sebagai perpustakaan megah yg dihiasi berbagai lukisan yang hidup.

Bangunan toko buku Livraria Lello ini memiliki desain klasik yang menawan. Bangunan toko buku ini berdiri sejak 1869. Jika dilihat dari arsitekturnya bangunan ini mirip sebuah kerajaan yang megah yang bertema neo-gothic.

Toko buku Livraria Lello pertama kali dibuka pada tahun 1906, oleh seorang insinyur yang terkenal bernama Xavier Esteves. Selain mengoleksi dan menjual buku-buku yang lengkap dan terkenal, toko buku Livraria Lello juga memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikannya yaitu sebuah tangga memutar menjadi spot terfavorit bagi para pengunjung. Jika Anda ingin mampir ke toko buku paling keren di dunia ini berada di kota Porto, Portugal. Anda tidak akan sulit untuk menemukan toko ini, karena desain bangunannya yang sangat unik.


5. Boekhandel Selexyz Dominicanen, Belanda

Toko buku paling keren di dunia selanjutnya ialah Boekhandel Selexyz Dominicanen. Toko buku ini berlokasi di Maastricht, Belanda. Tidak hanya keren, Bangunan toko buku ini juga menjadi salah satu terluas di dunia.
Tidak tanggung-tanggung sang pemilik toko buku ini memilih sebuah bangunan bekas gereja. Luas toko buku ini sekitar 1.100 meter persegi. Tidak hanya itu, gereja yang dipilih juga bukan sembarang gereja, toko buku ini menempati gereja peninggalan abad ke-13. Terlihat dari desain yg klasik dan bangunan yg megah.

Toko buku Boekhandel Selexyz Dominicanen memiliki koleksi buku lebih dari 40.000 buku dari berbagai genre. Semua koleksi buku itu telah diterjemahkan ke dalam 5 bahasa, yaitu Spanyol, Belanda, Inggris, Italia, dan Prancis. Tidak hanya menyajikan buku-buku, tempat ini juga memiliki tempat untuk ngopi juga. Tidak heran jika muda-mudi Belanda memfavoritkan toko buku yang satu ini.


6. Books For Cooks, Australia

Sepertinya toko buku satu ini dibangun khusus untuk para pecinta dunia kuliner. Terlihat dari nama toko buku ‘Books for Cooks’, di dalam toko buku ini hanya tersedia buku-buku seputar dunia masak-memasak. Tetapi, bukan sekedar buku resep makanan biasa yang dijual toko ini, melainkan buku resep masakan yg dibuat pada abad ke-18.

Pengunjung yg datang ke Books for Cooks ini kebanyakan para pemburu wisata kuliner dan koki. Selain menjadi salah satu toko buku paling keren di dunia, toko buku disebut- sebut sebagai toko buku masakan paling tua di dunia.

Keunikan lain yg dimiliki toko buku ini yaitu pemilik toko sengaja menyediakan tempat untuk membaca sekaligus makan cemilan. Toko buku ini juga menyediakan berbagai hidangan makanan yang lezat, seperti pie dan juga kue tart. Toko buku Books for Cooks berada di pusat kota Melbourne, Australia.

7. 1200 Bookshop, China

Toko buku yg satu ini memiliki konsep toko buku yang berbeda dengan toko buku yang lain. Toko ini menawarkan pelayanan yang spesial, yaitu siap melayani pengunjung selama 24 jam. Dan bahkan jika Anda malas untuk pulang ke rumah dan betah berada di tempat ini, Anda bisa menginap disini lho.

Selain menjual berbagai macam buku, toko buku ini juga memiliki fasilitas penginapan bagi para pengunjung. Pemesanan kamar di toko buku ini dapat dilakukan secara online atau melalui email. Jadi sebelum memesan kamar, Anda harus menjelaskan alasan ingin menginap di 1200 Bookshop ini.

1200 Bookshop ini terinspirasi dari toko buu Shakespeare and Company yang berada di Paris. Karena, toko buku tersebut memperbolehkan pengunjungnya untuk menginap di toko tersebut. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda untuk bertemu serta berkumpul dengan para pecinta literature lain.

Jika anda berkunjung ke Negeri Tirai Bambu ini tidak ada salahnya jika mengunjungi salah satu toko buku terkeren di dunia ini. 1200 Bookshop berada dikota Guangzhou, China.


8. Barter Books, Inggris

Barter books adalah salah satu toko buku paling keren di dunia, karena konsepnya yg unik dan ciamik. Kalau Assouline Venezia berada di sebuah hotel di Italia, toko buku satu ini juga menjadi bagian dari salah satu stasiun kereta kuno di Alnwick, Inggris, yaitu Stasiun Victoria.

Selain menjual buku-buku dari berbagai genre, Barter Books ini juga menawarkan konsep yang unik kepada para pengunjung. Toko buku ini memiliki sebuah ruang tamu yang nyaman, yang berfungsi sebagai ruang membaca para pengunjung.

Tidak hanya itu saja, Bartert Books juga memiliki fasilitas untuk anak-anak. Pemilik toko buku ini menyediakan ragam mainan untuk anak-anak. Jadi, bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini sambil membawa anak tidak perlu khawatir. Semua ini dilakukan agar anak-anak tidak merasa bosan berlama-lama berada di toko buku.

Keunikan lain dari Barter Books ini ialah sebuah model rel kereta api yg dapat menghubungkan rak-rak buku dengan ruangan utama. Ini dibuat agar pengunjung tidak merasa kebingungan. Tidak hanya menjual buku -buku yg baru diterbitkan, toko ini juga menjual berbagai buku bekas dari berbagai penulis yang terkenal.



9. Cafabreria El Pendulo, Meksiko

Membahas tentang toko buku paling keren di dunia rasanya tidak lengkap jika tidak membahas Cafabreria El Pendulo. Toko buku yang satu ini mengusung konsep yang unik dengan menggabungkan suasana café yg khas dengan beragam jenis buku.

Toko buku Cafabreria El Pendulo berada di Polanco, Meksiko. Layaknya sebuah café toko buku yang satu ini menyediakan fasilitas pembacaan puisi,life music, stand-up comedy dan berbagai acara lainnya.

Tidak hanya itu saja, di dalam toko buku ini terdapat Bar Piano Bukowski, yang didedikasikan untuk seorang novelis dan penyair Charles Bukowski dan semua para penulis yg diinspirasi oleh alkohol.

Cafabreria El Pendulo terdiri dari dua lantai yang dihiasi tanaman hias. Toko buku ini milik seorang penulis yg bernama Zona Rosa.


10. Poplar Kid’s Book Store, China

Satu lagi, toko buku paling keren di dunia ini berada di Jianwai, Beijing, China, adalah Poplar Kid’s. Toko ini dibuka pada pertengahan bulan Oktober tahun 2005.

Poplar Kid’s memiliki konsep yg menarik, apalagi untuk anak-anak. Desainnya dibuat meriah dan ceria dengan warna-warni yg menjadi kesukaan untuk anak - anak. Bentuk rak -rak buku di toko buku ini juga memiliki bentuk yg unik serta menarik.

Tujuan dari didirikannya toko buku ini adalah menyediakan berbagai buku anak-anak untuk menarik minat membaca anak-anak. Bisa dilihat dari lengkapnya koleksi buku yang ada di Toko buku ini. Dari mulai buku cerita anak dalam berbagai bahasa, hingga buku bergambar dari berbagai dunia.


Itulah 10 Toko Buku paling keren didunia, desain bangunan dan konsep dari toko toko buku di atas membuat para pengunjung betah berlama-lama di toko buku tersebut. Mudah-mudahan Indonesia juga memiliki toko buku yang keren juga ya.
Sumber: penulispro.com

0 Response to "Wooow, Inilah 10 Toko Buku Paling Keren Didunia"

Post a Comment