Menakjubkan, Inilah 6 Stasiun Kereta Api Paling Megah di Dunia


Inilah 6 Stasiun Kereta Api Termegah di Dunia

Di masyarakat perkotaan yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang sangat besar, angkutan massal yang berbasis trem tampaknya menjadi jawaban yang paling tepat atas persoalan transportasi. Seperti kereta api adalah salah satunya. Dari banyak negara maju, seperti negara -negara di Eropa, jalur kereta telah dibangun dengan serius serta terhubung satu dengan yang lain.

Tidak hanya itu saja, di berbagai stasiun pemberhentian kereta api juga tak sembarangan dibangun. Selain berguna untuk memenuhi fungsinya sebagai tempat untuk turun dan naiknya penumpang, stasiun di berbagai negara maju ini sengaja dibuat sangat menawan dan memperhatikan fungsi estetisnya juga.

Berikut 6 stasiun kereta api terindah yang ada diberbagai negara.


6. Stasiun Kanazawa, Jepang
gambar dari http://huntnews.id

Amazing, itulah ungkapan yang sangat tepat saat Anda pertama kali melihat stasiun kereta api ini secara langsung. Sebuah gerbang kayu yang berwarna merah yg dinamakan dengan sebutan “Tsuzumimon”, dan kubah kaca yg disebut dengan sebutan “Kubah Motenashi” ialah ornamen terindah yang ada di stasiun ini.

Bentuk kubah Motenashi ini menyerupai payung yang sedang dibuka, dan bangunan megah ini berfungsi menyambut penumpang yang akan datang. Lalu, pada bagian gerbangnya dilengkapi dengan air mancur yang sangat indah.



5. Stasiun Hauptbnahnhof, Berlin, Jerman
Gambar dari http:// huntnews.id

Berlin Hauptbnahnhof Berlin adalah titik fokus dari jaringan kereta api di negara Jerman. Oleh karena itu, di Jerman, stasiun ini dikenal juga dengan sebutan Berlin Central Station. Stasiun yang megah ini dibangun di lokasi bekas stasiun kuno Jerman, yaitu stasiun Lehrter Begnhof yang telah hancur selama PD II. Membutuhkan waktu selama 11 tahun untuk membangun kembali stasiun yang baru, dan dibuka kembali pada Mei 2006. Stasiun ini sangat megah karena telah dilengkapi dengan struktur multi-level yang besar, memiliki panjang ruang kaca mencapai hingga 321 meter. Atap kacapun juga memungkinkan untuk Anda saat berada di dalamnya akan terasa berada di luar ruangan.



4. Gare du Nord, Paris, Perancis
ngambarby http://huntnews.id

Dengan jumlah sekitar 190 juta penumpangnya per tahun, stasiun Gare du Nord di Kota paris ini telah menjadi stasiun kereta api paling sibuk di Eropa. Stasiun kereta api ini bergaya art-deco, dan memiliki sejarah yang sanagt panjang, setelah sempat ditutup, lalu stasiun ini dibuka kembali pada tahun 1846.
Kemudian bangunan ini mengalami pemugaran di tahun 1860 karena kurangnya ruang yang dimiliki.

Pada tahun 1865, stasiun inipun dibuka kembali dengan gaya seperti awalnya, tetapi kini dilengkapi 23 patung perempuan yg menjadi daya tariknya kini. Patung -patung itu dibangun bukannya tanpa sebab yang jelas, patung -patung itu adalah representasi dari tujuan keberangkatan kereta api yang berbeda-beda, yaitu paris, Wina, London, Amnsterdam, Cologne, Brussels , Frankfurt, dan Berlin.
Dilengkapi juga dengan aula, serta lorong yg panjang, stasiun kereta api Gare du Nord ini juga dilengkapi dengan café, mesin ATM, layanan bagasi , akses internet gratis, dan berbagai toko lain.



3. Central Station Antwerpen, Belgia
Gambar by http://huntnews.id

Stasiun paling populer di Belgia ini awalnya adalah stasiun kayu yg dibuka kembali pada tahun 1854. Telah mengalami pemugaran pada Agustus 1905, stasiun ini juga berturut-turut mendapatkan renovasi antara tahun 1993 sampai 2009.

Bagian paling indah dari stasiun yg membanggakan bagi masyarakat Belgia ini yaitu terdapat dua pintu masuk serta bangunan kubah yg ada pada bagian atapnya.

Bangunan kubah yang bersejarah itu dibangun oleh arsitek Belgia ternama, yaitu Louis Delacenserie.

Bangunan stasiun yg megah ini dilengkapi juga dengan 8 menara kecil dan patung singa yg sangat memukau. Ruang tunggu yg sangat cantik dihiasi dengan berbagai jenis marmer yang indah membuat siapapun yg menunggu di dalamnya tak akan merasakan bosan.



2. Stasiun Kereta Api St Pancras, London, Inggris
Gambar by http://huntnews.id

Berada di Kota London, stasiun ini adalah contoh luar biasa arsitektur Victoria. Stasiun sangat bersejarah yang dibuka kembali pada tahun 1868 ini sempat mengalami renovasi pada tahun 2001 sampai 2007. Hari ini, stasiun St Pancras menjadi titik sentral untuk kehidupan lokomotif di Inggris.

Stasiun St Pancras dibangun oleh insinyur sipil Inggris yang bernama William Henry Barlow pada tahun 1863. Dan dilengkapi dengan bar paling panjang di Eropa, stasiun yang bergaya art-deco ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang lain, seperti restoran, ATM, serta penyimpanan bagasi. Tidak heran kalu stasiun satu ini menjadi lambang kebanggaan bagi transportasi di Kota London.



1. Grand Central Terminal, New York, AS
Gambar by http://huntnews.id

Grand Central Terminal yang berada di Midtown Manhattan adalah stasiun terindah yang pernah ada di muka bumi ini. Dibuka pada tahun 1913, stasiun ini telah mengalami renovasi besar pada tahun 1994. Kini, Grand Central Terminal menjadi landmark arsitektur bagi New York.
Terminal Grand Central ini dibangun di atas lahan dengan luas 28,2 hektar dengan dekorasi yang mengambil gaya klasik tanpa meninggalkan sisi modernnya.

0 Response to "Menakjubkan, Inilah 6 Stasiun Kereta Api Paling Megah di Dunia"

Post a Comment