Demi Bertahan Hidup, 'The Donner' Melakukan Aksi Kanibal


Aksi Kanibal ‘The Donner’ Demi Bertahan Hidup

Pada 26 desember, 169 tahun silam, suatu kisah aneh terjadi di pegunungan Sierra Nevada. Pada saat itu, The Donner Party yang disebut juga Partai Donner-Reed — yaitu sekelompok pelopor Amerika yang dipimpin George Donner dan James F. Reed — hendak menuju California dengan menggunakan kereta kuda, akan tetapi tertunda oleh serangkaian kecelakaan serta masalah.

Alhasil, kelompok ini harus melewatkan musim dingin sampai tahun berganti, 1846 -1847 di pegunungan Sierra Nevada. Beberapa orang emigran yg ikut serta, terpaksa harus melakukan aksi kanibalisme agar mereka bertahan hidup.


Kisah ini berawal dari sebuah perjalanan ke Barat yg biasanya memakan waktu antara 4 sampai 6 bulan.

Waktu yang ditempuh kelompok Partai Donner ini melambat karena mengikuti rute baru yg disebut Hastings Cutoff — yaitu melintasi Utah Wasatch Mountains dan Great Salt Lake Desert.

Seperti yg dikutip dari liputan6.com, di awal November tahun 1846, emigran telah mencapai puncak pegunungan Sierra Nevada, di mana mereka terperangkap oleh badai salju yang sangat besar yang datang lebih awal di dekat Truckee (sekarang Donner) Lake.

Medan sangat berat yg sulit dihadapi seluruh sepanjang Sungai Humboldt — saat ini Nevada, telah  mengakibatkan rombongan banyak yang kehilangan sapi mereka dan gerobak mereka.

Kelompok ini pun terpecah menjadi beberapa bagian.
Persediaan makanan yang mereka miliki telah menipis, lalu pada pertengahan Desember beberapa kelompok pada akhirnya memutuskan untuk berjalan kaki untuk mencari bantuan.

Penyelamat dari California telah berusaha untuk mencapai sisa para emigran itu, tetapi bantuan pertama dari anggota partai tak datang sampai pertengahan Februari 1847 — sudah hampir 4 bulan setelah kereta wagon terjebak.

Dari 87 anggota partai, hanya tersisa 48 yang selamat lalu sampai di California. Banyak dari mereka yg telah mati dan dagingnya dimakan/kanibal, sedangkan yang lain bertahan hidup.

Sejarawan telah menggambarkan episode itu sebagai suatu tragedi yg paling aneh dan spektakuler, dalam sejarah migrasi California dan Barat-US.

0 Response to "Demi Bertahan Hidup, 'The Donner' Melakukan Aksi Kanibal"

Post a Comment